PNS Netral, Pilgub Bersih!!

Milad KAMMI yang jatuh pada tanggal 29 Maret lalu dirayakan hari ini (Ahad, 31 Maret 2013) dengan meriah versi “Kajian Publik”nya anak KAMMI. Aksi kali ini yang mengusung tema “PNS Netral, Pilgub Bersih” mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Kota Semarang yang tengah menikmati liburan akhir pekannya di kawasan Car Free Day Semarang.

Isu "PNS Netral, Pilgub Bersih" ini menyoroti sikap para PNS kota Semarang yang memiliki kecenderungan terhadap masing-masing calon gubernur sehingga mengakibatkan perpecahan di tubuh PNS. Selain itu, tradisi money politic yang biasa terjadi ketika menjelang pilkada.

Aksi dilaksanakan dengan serangkaian acara teatrikal, pembacaan puisi, pembagian bunga kertas, dan penggalangan tanda tangan. Puluhan massa berjaket merah dari berbagai universitas di Semarang yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia Daerah Semarang melakukan short march dengan membagikan bunga kertas yang bertuliskan "PNS Netral, Pilgub Bersih #Milad KAMMI 15". Kurang lebih 100 orang yang tengah menikmati akhir pekannya ikut meramaikan dengan menandatangani kain putih sepanjang tiga meter sebagai bentuk dukungan warga Kota Semarang dalam menyukseskan Pilgub Jateng yang bersih dan bebas dari money politic. Aksi diakhiri dengan makan tumpeng bersama warga kota Semarang dalam rangka syukuran Milad KAMMI ke-15.

Golput, money politic hanyalah sebagian kecil dari permasalahan yang terjadi saat pilkada menjelang. Tetap menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani merupakan tindakan yang paling aman dan tepat.


Siyasah Rasulullah dalam Membentuk Masyarakat Madani

Politik dalam kitab Mafahim Siyasah adalah ri'ayatusy syu'unil ummah, alias pengaturan urusan ummat. Pengaturan urusan ummat yang dimaksud tidak melulu urusan pemerintahan seperti sangkaan banyak orang, melainkan termasuk di dalamnya aspek ekonomi (iqtishadi), pidana (uqubat), social (ijtima'i), pendidikan (tarbiyah), dsb. Dan menurut Syaikh Abdul Qadim Zallum, “Politik (siyasah) mempunyai makna mengatur urusan umat, baik dalam maupun luar negeri. Politik dilaksanakan baik oleh negara maupun umat. Negara mengurus kepentingan umat, sementara umat melakukan koreksi terhadap pemerintah."

Dan yang seperti kita ketahui, Islam sebagai ideologi adalah syumul, alias mengatur segala urusan. Mulai dari urusan yang remeh dalam kehidupan kita sehari-hari sampai urusan negara. Sehingga sangat tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa Islam bukan bagian dari ajaran agama Islam. Bahkan bisa dikatakan Islam adalah politik itu sendiri. Perlu bukti?

Dari hasil riset Prof. Dr. Snouck Hurgronje, yang diangkat sebagai Advisieur voor Inlandsche Zaken penjajah Belanda mengakui bahwa ulama dan santri adalah kelompok kecil yang sangat mempengaruhi pandangan politik rakyat dan raja-raja atau sultan-sultan di Indonesia. Snouck melihat bahwa Islam adalah agama dan Islam sebagai politik. Ulama dan santri itu sendiri tidak berbahaya, yang berbahaya adalah islam alias politiknya. Itu sebabnya, Belanda kemudian menyusun program untuk memisahkan ulama dari politik. Dan upaya depolitisasi Islam tersebut sampai sekarang masih kita rasakan dampaknya. Sebagian besar umat muslim mengartikan Islam hanya sebatas akidah dan ibadah mahdhah. Hanya dibicarakan dan diamalkan di masjid-masjid saja. Tentang politik dan sejenisnya katanya ada bagiannya sendiri, yakni negara.

Maka dakwah yang dilakukan Rasulullah selama 23 tahun bukanlah tanpa maksud. Maka Darul Islam yang Rasulullah bangun di Madinah bukanlah sesuatu yang terjadi secara alami, tapi karena semata-mata syari'at Allah yang memerintahkan untuk berlaku demikian agar masyarakat madani dapat terwujud dan hukum Allah dapat ditegakkan. Adalah mudah bagi Allah untuk menegakkan masyarakat madani tanpa memerlukan jihad, kesabaran dan jerih payah menghadapi segala rintangan dan penderitaan. Akan tetapi, perjuangan berat ini sudah menjadi sunnatullah untuk para hambaNya yang ingin melaksanakan ta'abbud kepadaNya secara sukarela sekaligus untuk membuktikan siapa yang jujur dan siapa yang munafik. Oleh karena itu, Allah mewajibkan umatNya untuk menegakkan syari'at Islam dan masyarakatnya di jalan yang penuh onak dan duri. Selain itu, dalam firman Allah:

"Ingatlah ketika Rabbmu berfirman kepada para malaikat, Sesungguhnya Aku hendak menjadikan khalifah di muka bumi..."(QS. Al-Baqarah:30)

Manusia diciptakan di atas muka bumi ini hanyalah untuk menegakkan negara Allah dan menerapkan hukumNya. Itulah hikmah keberadaan manusia dan makna yang dimaksud dari khilafah yang terdapat dalam ayat di atas. Falsafah negara ini (negara Allah) didasarkan kepada hakikat penghambaan kepada Allah semata, sedangkan sistemnya didasarkan pada suatu keyakinan bahwa kedaulatan hanyalah milik Allah semata karena Dialah yang menciptakan langit dan bumi. Dan karena syari'at Islam tidak bisa diterapkan secara sempuran kecuali dengan adanya sebuah institusi negara, maka keberadaan negara dalam Islam adalah suatu keniscayaan. Jadi, agama pastinya tidak bisa dipisahkan dari negara. Agama mengatur seluruh aspek kehidupan melalui negara yang terwujud dalam konstitusi dan segenap undang-undang yang mengatur kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Inilah hubungan serasi antara politik (negara) dan agama.

"Jika kekuasaan terpisah dari agama, atau jika agama terpisah dari kekuasaan, niscaya keadaan manusia akan rusak." (Ibnu Taimiyah dalam Majmu'ul Fatawa juz 28 hlm.394)

"Karena itu, dikatakanlah bahwa agama dan kekuasaan adalah dua saudara kembar. Dikatakanlah pula bahwa agama adalah pondasi (asas) dan kekuasaan adalah penjaganya. Segala sesuatu yang tidak berpondasi niscaya akan roboh dan segala sesuatu yang tidak berpenjaga niscaya akan hilang lenyap." (Imam Al-Ghazali dalam al-iqtishad fil I'tiqad hlm.199)

Kita bisa merasakan sendiri bahwa hidup dalam sistem sekuler seperti sekarang benar-benar merana. Ketika agama tidak boleh ikut campur dalam urusan kehidupan bernegara dan bermasyarakat, maka banyak orang berbuat sesukanya atas nama kebebasan. Mengumbar aurat, bermesraan dengan lain jenis di tengah keramaian merupakan sesuatu hal yang sudah biasa dan tidak akan ada yang melarang.

Dalam sirah nabawiyah karangan Syaikh Al-Buthy disebutkan bahwa siyasah Rasulullah sebagai siyasah syari'ah atau hukmul imamah yang berarti tindakan Nabi sebagai kepala Negara/imam, bukan sebagai Rasul yang bertugas menyampaikan risalah.

Siyasah syari'ah digunakan oleh Rasulullah sebagai uslub (cara) dakwah. Hal itu dapat kita lihat dalam strategi dakwah Beliau yang terbagi menjadi dua tahapan, yaitu sirriyatud dakwah dan jahriyatud dakwah. Masih dalam tahapan jahriyatud dakwah Beliau dan para sahabat hijrah ke Yatsrib yang kemudian bernama Madinah. Hijrah Rasulullah inilah yang kemudian menjadi langkah awal proses terbentuknya Darul Islam yang pertama di muka bumi. Dan pekerjaan pertama yang Beliau lakukan adalah meletakkan asas-asas penting bagi Negara tersebut, seperti:

  1. Pembangunan masjid
  2. Mempersaudarakan kaum muslimin anshar dan muhajirin
  3. Membuat perjanjian yang mengatur kehidupan sesama umat muslim dan hubungannya dengan orang-orang di luar secara umum dan orang Yahudi secara khusus.

Berdasarkan penjelasan di atas sudah membuktikan bahwa Rasulullah adalah seorang politikus. Dan akan lebih nyata lagi jika kita melihat tindakan-tindakan yang beliau ambil ketika berhadapan dengan kaum kafir saat peperangan maupun saat membuat perjanjian. Sebut saja strategi perang Uhud yang menempatkan pasukan pemanah di atas bukit dan perjanjian Hudaibiyah yang pada awalnya dirasa berat oleh kaum muslimin karena ketidaktahuannya terhadap tabir Illahi. Namun, pada akhirnya membawa banyak keuntungan bagi kaum muslimin.

Dalam berdakwah Rasululah berpegang pada prinsip hikmah (kebijaksanaan) yang telah disyari'atkan berdasarkan pada kemuliaan dan kejujuran baik menyangkut sarana maupun tujuan. Itulah politik Rasulullah. Itulah yang membuat Rasulullah tidak sudi menerima tawaran dari kaum kafir Quraisy untuk menukar dakwah Islam dengan harta, kekuasaan, dan kedudukan. Padahal bukankah akan lebih mudah membentuk masyarakat Islami jika Beliau memiliki kekuasaan dan kedudukan? Tapi apakah kemudian cara ini dapat berpengaruh ke dalam jiwa manusia? Sehingga ketika Rasulullah telah tiada, dengan mudahnya umat akan berbondong-bondong berbelok ke belakang. Maka kemudian inilah yang menjadi pembeda antara dakwah Islam dan dakwah-dakwah kebatilan dan menunjukkan dakwah Rasulullah bersih dari segala kepentingan dan tujuan pribadi.

Rahasia disyariatkannya prinsip hikmah dalam dakwah ialah untuk mengambil jalan dan sarana yang paling efektif agar bisa diterima oleh akal dan pikiran manusia. Dari strategi (politik) dakwah Rasulullah akan terlihat grand design pembentukan masyarakat madani dengan Negara sebagai pelindungnya. Dimulai dari proses tarbiyah dari masing-masing individu, seperti yang sahabat-sahabat Rasulullah lakukan di rumah kediaman Arqam bin Abil Arqam. Kemudian ilmu yang telah didapatkan diajarkan kepada keluarga dan para kerabat serta masyarakat luas. Dan ketika sudah berhijrah ke Madinah dan jumlah kaum muslimin pada saat itu sudah cukup banyak, Rasulullah membangun Darul Islam dengan syari'at Allah sebagai undang-undangnya. Rasulullah terus menyebarkan dakwah Islam ke seluruh penjuru Jazirah Arab. Baik dengan cara mengutus para sahabat yang telah mempunyai cukup ilmu untuk berdakwah ke wilayah-wilayah yang penduduknya belum memeluk Islam ataupun memerangi mereka yang tidak mau tunduk kepada sistem dan syari'at Islam di bawah kepemimpinan Rasulullah SAW. Inilah kemudian yang kita kenal dengan konsep ummah. Selalu ada sinergisitas antara dakwah horizontal (dakwah secara kultural) dan dakwah vertikal (dakwah secara struktural).

Tugas dakwah Islam bukan hanya tugas para Nabi dan Rasul, juga bukan hanya tugas khalifah dan ulama yang datang sesudahnya, tapi menjadi tugas semua umat Muslim. Hal ini karena setiap orang yang memeluk Islam berarti telah bai'at kepada Allah dan RasulNya untuk berjihad menegakkan agama (Islam). Maka benarlah, seluruh kaum Muslimin adalah prajurit bagi agama Islam. Allah telah membeli jiwa dan harta mereka dengan harga surga.

"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang Mukmin jiwa dan harta mereka dengan (balasan) surga bagi mereka. Mereka berperang di jalan Allah lalu mereka membunuh atau dibunuh..." (QS. At-Taubah:111)

Sebagai Muslim Negarawan, siapkan diri antum menjadi pemimpin dalam rangka mewujudkan masyarakat madani dalam Negara Islami! (Departemen Kastrat, dari berbagai sumber)

Earth Hour KAMMI Teknik Undip



Earth Hour adalah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada sabtu di minggu akhir bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan Earth Hour ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan selama satu jam. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan climate change
(perubahan iklim) dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour dengan memadamkan lampu yang tidak diperlukan. Setelah itu, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada Earth Hour tahun-tahun selanjutnya. Earth Hour 2013 akan dilaksanakan pada 23 Maret 2013 pukul 08.30-09.30 PM waktu setempat.


>KAMMI sebagai bagian dari elemen masyarakat Indonesia menyadari bahwa perlunya tindakan untuk mendukung gerakan cinta lingkungan, salah satunya dalam kegiatan Earth Hour ini. Video Earth Hour KAMMI Teknik Undip dirilis pada Sabtu 23 Maret 2013 sore. Video ini merupakan salah satu bukti aksi KAMMI dalam mendukung gerakan cinta bumi.

Video berdurasi 3 menit 48 detik ini bercerita tentang mahasiswa yang peduli lingkungan. Cara terkecil yang dilakukan adalah membuang sampah pada tempatnya, jalan kaki ke kampus, mengurangi penggunaan botol plastik, memanfaatkan kembali kertas bekas, menolak menggunakan kantong plastik, dan mematikan lampu saat hendak tidur.

Menurut Aa Gym, untuk melakukan perubahan dilakukan dengan 3M. Mulai dari yang terkecil; Mulai dari diri sendiri; Mulai dari saat ini. Karena 3 hal itulah, KAMMI memulai aksinya.
Ini Aksi KAMMI, Mana Aksi Kamu? Karena KAMMI adalah kamu.:)

Open Recruitment Tim Redaksi


Untuk mengoptimalkan kinerjanya, Badan Pers memberikan kesempatan kepada mahasiswa muslim Fakultas Teknik Undip angkatan 2011 dan 2012 untuk berpartisipasi sebagai bagian dari tim redaksi pers KAMMI Teknik Undip.

Posisi yang ditawarkan adalah:
1.   Reporter
2.   Layouter
3.   Distribusi & Dana Usaha

Proses rekrutmen dibagi menjadi dua tahap:

1.   Mendaftar via SMS
Format: NAMA LENGKAP_JURUSAN_ANGKATAN_POSISI
(contoh: Najwa Shabab_Teknik Sipil_2011_Reporter)
kirim ke 081 326 199 117
Paling lambat 26 Maret 2013

2.   Wawancara
Setelah mengirim SMS, akan ada SMS balasan yang mengonfirmasi waktu dan tempat wawancara.
Wawancara akan dilaksanakan dalam rentang waktu sejak SMS dikirim hingga maksimal 27 Maret 2013.
Saat wawancara, wajib membawa curriculum vitae (format bebas)

Pengumuman akan dilaksanakan pada 28 Maret 2013 melalui blog dan SMS.


Catatan:
Pendaftar yang dinyatakan diterima sudah terikat dengan alur kaderisasi jurnalistik KAMMI Teknik Undip dan tidak boleh mengundurkan diri.

Raker dan Pelantikan Pengurus 2013

Pengurus Komisariat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (PK KAMMI FT Undip) mengadakan Rapat Kerja (Raker) dan Pelantikan Pengurus, Sabtu (16/3). Kegiatan dilaksanakan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Semarang selama sehari penuh.

Acara diawali dengan sambutan dan taujih dari Sekretaris Jenderal KAMMI Semarang, Mahardhika Setyawan. Dalam taujihnya, dia mengingatkan kembali akan kisah perang saudara antara Pandhawa dan Kurawa. Perang tersebut, kata Mahardhika, tak lepas dari latar belakang perebutan kekuasaan. "Kader KAMMI harus mampu belajar dari kisah itu," katanya.

Usai memberikan taujihnya, Mahardhika pun melantik pengurus KAMMI FT Undip 2013.

Dinamika internal nampak jelas ketika raker dimulai. Argumen dan sanggahan bersahut-sahutan menanggapi presentasi fungsionaris PK KAMMI FT Undip. Terkait hal tersebut, Sekretaris Departemen Kajian Strategis Ifki Arifatul Utami mengatakan, "Agar KAMMI bisa tetap hidup dan tidak hanya sekadar hidup, maka butuh dinamika di dalamnya. Semua pengurus itu punya pendapat di kepalanya masing-masing dan harus berani mengungkapkannya. Tidak begitu saja tsiqoh (percaya, red.) dengan apa yang disampaikan orang lain walaupun yang berkata adalah bagian dari KAMMI sendiri. Salah katakan salah, sepakat katakan sepakat."

Ifki menambahkan, dinamika tersebut juga diharapkan menjadi pembelajaran bagi para junior KAMMI. "Biar belajar yang junior KAMMI itu 'luar biasa'," tulisnya dalam akun Twitter-nya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PK KAMMI FT Undip Ihsan Hidayat menggambarkan bahwa kader KAMMI adalah sebuah titik pejal yang melambangkan soliditas kader KAMMI, dan di sekelilingnya terdapat kelopak yang melambangkan kreasi KAMMI dalam menjadi solusi bagi masalah di sekitarnya. Gabungan dari dua analogi tersebut ternyata membentuk sebuah bunga, yang menurut Ifki melambangkan permainan cantik oleh kader KAMMI menyikapi dinamika di sekitarnya. (fafa)

Pilgub Jateng Kurang Greget, KAMMI Daftarkan Pasangan Calon

SEMARANG – Sepinya pendaftaran pasangan calon dalam Pemilihan Gubernur Jateng 2013, mengusik para aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jateng untuk menggelar aksi teatrikal dengan mendaftarkan pasangan calon ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Jumat (1/3/2013).

Sebelum mendaftar, pasangan calon melakukan long march dari depan pintu masuk kampus Universitas Diponegoro Semarang, Kampus Pleburan, Jalan Pahlawan, menuju Kantor KPU Jateng di Jalan Veteran Semarang, dengan membawa dua “kandidat” gubernur dan wakil gubernur untuk di daftarkan ke KPU.

Dua ‘kandidat’ itu menamakan dirinya Pasangan ARTO, alias Arief Eka Atmaja dan Tri Hartanto, yang mengklaim di dukung oleh banyak parpol, diantaranya Partai Pocong dan Partai Tuyul, Partai Demit dan sebangsa jin lainnya.

Sampai dikantor KPU Jateng, dengan penjagaan ketat dari aparat kepolisian, pasangan calon tersebut disambut dengan baik oleh KPU, dan dipersilahkan mendaftarkan seperti layaknya pasangan cagub dan cawagub.

Namun, pasangan ARTO yang mengenakan pakaian adat Jawa jenis ‘beskap’ itu akhirnya ditolak oleh KPU untuk maju menjadi cagub dan cawagub Jateng, karena berdasarkan peraturan, sejumlah berkas yang dibawa tidak dilengkapi surat pencalonan dari partai pendukung yang tercatat di KPU Jateng.

Arief Eka Atmaja, Ketua Umum KAMMI Semarang mengatakan aksi yang dilakukannnya bersama Tri Hartanto, Ketua KAMMI Bidang Kebijakan Publik sebagai pasangan ‘ARTO” yang mendaftarkan diri itu, sebagai bentuk sindiran atas sepinya pasangan calon yang mendaftarkan diri menjadi cagub dan cawagub Jateng 2013.

“Ini sebagai bentuk sindiran, kritik sekaligus protes terhadap partai politik dalam menghadapi pilgub, karena hinga sekarang belum ada satu pun pasangan calon yang mendaftarkan diri maju sebagai pasangan cagub Jateng 2013,” tuturnya.

Menurutnya saat ini parpol disibukkan dengan polemik di internal partai, yang dapat mengakibatkan pilgub justru akan didominasi kepentingan partai politik.

“KAMMI menuntut partai politik melihat kepentingan masyarakat luas dalam mengusung calon kredibel dan memiliki kualitas membangun Jateng ke depan,” ujarnya. (k39/dba)


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money