Millatfacebook Situs Jaringan Sosial Umat Islam

Millatfacebook Situs Jaringan Sosial Umat Islam. Facebook kini ada saingan baru yang sama persis yaitu millatfacebook. Millatfacebook adalah situs jaringan sosial muslim yang merupakan tiruan facebook yang telah resmi diluncurkan pada Rabu lalu di Pakistan. Millatfacebook dibuat sebagai reaksi atas gambar kartun Nabi Muhammad di situs Facebook beberapa waktu yang lalu. Situs ini dibuat oleh enam IT muda Pakistan di Lahore.

Saat ini MillatFacebook sudah memiliki lebih dari 8.000 pengguna. Situs ini dibuat agar dapat menghubungkan umat Islam di seluruh dunia tapi juga untuk menarik pengguna dari semua agama,juga menjadi situs alternatif dari facebook yang dikritik karena kontrolnya yang lemah dan privasi yang membingungkan.

Millatfacebook.com bisa jadi merupakan situs jejaring sosial muslim pertama yang pernah ada. Sebelumnya aku pernah mendengar kabar akan ada situs jejaring sosial muslim beralamat nahnumuslim.com, tapi hingga saat ini situs tersebut belum diisi apa-apa. Namun, saat ini situs jejaring sosial muslim yang ditunggu-tunggu itu akhirnya rilis juga.
Pendirian situs ini dilatarbelakangi oleh munculnya sebuah fan page di facebook bernama “Everybody Draw Mohammed Day!” (EDMD). Kemudian, pemerintah pakistan melalui otoritas telekomunikasinya memblokir situs facebook tersebut. Pada tanggal 20 Mei 2010 yang lalu muncul sebuah ajakan untuk memboikot facebook melalui sebuah fan page yang bernama “AGAINST Everybody Draw Mohammed Day!”. Akhirnya sehari kemudian fan page EDMD tersebut ditutup oleh facebook. Tidak hanya sekali itu muncul grup atau fan page yang menyebarkan kebencian terhadap Islam. Sementara itu, grup-grup yang mengajak persatuan Islam dsb. ditutup oleh facebook.
Akibat perilaku diskriminasi tersebut, maka muncullah niatan dari sekelompok anak muda profesional di bidang IT dari kota Lahore (Pakistan) untuk mendirikan sebuah situs jejaring sosial muslim. Pemilik situs millatfacebook.com, Usman Zaheer, mengatakan bahwa situs jejaring sosial buatan mereka adalah pesaing dari Facebook dan timnya berusaha menempatkan yang terbaik untuk membuat MillatFacebook menjadi salah satu situs sosial yang besar dan sukses di dunia.
Halaman depan millatfacebook.com
Halaman depan millatfacebook.com
Tampak di halaman depan millatfacebook itu terdapat sebuah tagline yang mengatakan “MillatFacebook helps you connect and share with more than 1.57 billion Muslims and Sweet people from other Religions”. Dari tagline tersebut jelas sekali harapan ke depannya MillatFacebook ini dapat menjadi media interaksi di dunia maya bagi umat Muslim dan juga umat agama lain yang tidak memusuhi kaum Muslim.
Millatfacebook memiliki nama, tampilan dan fitur yang sangat mirip dengan Facebook. Tambahan kata “millat” itu sendiri diambil dari bahasa Urdu yang biasa digunakan untuk merujuk kepada negara. Dalam MillatFacebook ini setiap pengguna dapat menuliskan pesan di dinding temannya. Situs ini juga memungkinkan pengguna mengirim foto, email, video, dan juga melakukan chat. Yang agak unik adalah dalam pengaturan profil terdapat isian mengenai diri kita apakah “smoker” & “drinker”. Tapi ada hal yang lebih unik lagi dan menurutku itu keren sekali, yaitu konten Term of Use MillatFacebook tersebut:


0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money