Majmu'atur Rasail (Risalah Pergerakan) 2


Pada buku Risalah Pergerakan Jilid 2 ini lebih menekankan pada aspek lanjutan dari Risalah Pergerakan Jilid 1. Sistematika buku Risalah Pergerakan jilid 2 ini dibuka dengan bab Jihad sebagai mutiara berharga yang hilang ditengah-tengah umat islam. Karena esensi jihad yang sebenarnya adalah ujung tombak penggerak bagi kejayaan dan Izzah Islam wal Muslimin. Hal inilah yang membuat Imam Hasan Albanna menyoroti dan menyadarkan ummat terhadap pentingnya makna risalah jihad dan kewajiban atasnya berdasarkan kitabullah dan hadist-hadist shahih disertai pendapat para Ahli Fiqih. Di bab selanjutnya adalah satu hal yang sangat unik dan menarik karena bab ini jarang sekali dibahas oleh para ulama islam kebanyakan secara kontemporer. Yakni tentang pentingnya Mar'ah Muslimah, bab ini khusus membahas peranan wanita dalam islam dari berbagai aspek khusus dan umum. Seperti peranan politik perempuan dalam islam, pentingnya pendidikan bagi wanita muslim dan peran agama islam yang membebaskan sekaligus meninggikan derajat kaum hawa tanpa melewati batas syari'at yang ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya.  
Bab selanjutnya adalah hal yang menurut penulis merupakan bagian penting bagi diri penulis dan para pemuda intelektual (Mahasiswa). Adalah  Pidato Imam Hasan Albanna pada saat muktamar mahasiswa Ikhwanul Muslimin bulan Muharam 1357 H. Merupakan point-point penting terhadap peran gerakan mahasiswa Islam Ikhwanul Muslimin yang disampaikan langsung oleh beliau. Ini adalah bukti nyata bahwasanya kekuatan pemuda intelektual (mahasiswa) menjadi sorotan khusus bagi gerakan dakwah dan jihad ini. Sebagaimana Rasulullah SAW menjadikan pemuda sebagai kekuatan utama penyokong dakwah beliau karena pemudalah -khususnya yang menjadi kaum intelektual- menjadi pendobrak serta kekuatan dasar bagai kebangkitan apapun didunia ini. Potensi pemuda dan mahasiswa yang dilandasi dan dipengaruhi dakwah islamiyah akan senantiasa terus menjadi garda terdepan dalam pembelaan dan perjuangan islam yang tak lekang dimakan waktu dan masa. Dan hal ini sudah banyak terbukti dari masa ke masa khususnya  sepanjang abad 20-21 ini bahwasanya fenomena kebangkitan islam tengah menyeruak diberbagai penjuru dunia disebabkan kebangkitan para pemuda dan mahasiswa  dalam mengusung agenda pengembalian kemenangan dan kejayaan umat islam.
Pada bab ini beliau memberikan penyadaran terhadap pentingnya islam yang utuh khususnya integrasi Agama dan Politik islam kepada mahasiswa. Pandangan beliau terhadap peranan islam dan segala bentuk politik baik internal maupun eksternal hingga politik internasional. Merupakan gambaran yang sangat utuh juga menjadi pencerahan terhadap nilai strategis arah pergerakan mahasiswa Ikhwanul Muslimin dimanapun. Ini merupakan prinsip dasar beliau yang disampaikan lewat argumentasi yang ilmiah, landasan historis, kondisi geografis, dan dukungan Rabbani lewat ayat yang di sampaikan beliau di akhir pidatonya sebagai khotimah (penutup) bahwasanya pemuda dan mahasiswa yang akan menjadi pewaris tulang punggung perjuangan dan pemimpin umat kelak dimuka bumi :
"Dan Kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi itu dan hendak menjadikan mereka pemimpin dan menjadikan mereka orang-orang yang mewarisi (bumi)." (Al-Qashash: 5).

DOWNLOAD DISNI
Password : kammiteknikundip

2 komentar:

Unknown said...

link downloadnya mati

Unknown said...

syukron katsiir ^^

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money