KAMMI Semarang Gelar Aksi Solidaritas Muslim Rohingnya

Semarang - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Semarang mengadakan aksi solidaritas Muslim Rohingya. Aksi tersebut digelar di lokasi ex-videotron Pahlawan, Semarang hari ini (1/8), pukul 09.30-11.00.

Berbagai Pengurus Komisariat (PK) KAMMI yang ada di bawah naungan KAMMI Semarang turut meramaikan aksi tersebut, di antaranya adalah PK KAMMI Fakultas Teknik, Fakultas Sains dan Matematika, dan Fakultas Ilmu Budaya yang kesemuanya merupakan fakultas yang ada di Universitas Diponegoro, serta Universitas Negeri Semarang.

Mereka menginginkan adanya ketuntasan dan kejelasan atas kasus diskriminasi yang dialami oleh etnis  Rohingya, Myanmar, agar tidak menjadi salah paham isu yang beredar di masyarakat, sehingga Muslim Rohingya tidak menjadi korban karena tidak mengetahui faktor masalah yang ada di lingkungannya sendiri.

Peserta aksi menuntut Presiden SBY untuk mendesak Sekretaris Jenderal ASEAN mengeluarkan Myanmar sebagai anggota ASEAN, dan meminta pemerintah segera memberikan bantuan logistik dan tenaga medis kepada etnis Rohingya.

"Tuntutan kami untuk mengeluarkan Myanmar sebagai anggota ASEAN, selain karena perlakuan diskriminasi terhadap etnis Rohingya, juga karena Myanmar menjadi satu-satunya negara ASEAN yang tidak mengizinkan secara bebas negara-negara ASEAN lain untuk memasuki Myanmar," demikian orasi Kepala Departemen Kebijakan Publik KAMMI Semarang, Barri Pratama.

Barri juga mengimbau agar Indonesia memboikot SEA Games 2013 yang akan dilaksanakan di Myanmar.

Aksi ini juga diselingi oleh teatrikal yang menggambarkan terusiknya kedamaian Muslim Myanmar oleh para diskriminator di Myanmar, serta usaha Indonesia untuk menghapuskannya. Sebab, seperti yang tertera dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan." (fafa)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money