Anis Matta: Bukan Masalah Siapa Pemimpin Berikutnya

Semarang - Presiden Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta menyatakan bahwa siapa pemimpin berikutnya Indonesia bukan merupakan masalah.

"Bukan masalah siapa pemimpinnya, tapi siapa yang memahami spirit generasi baru Indonesia mendatang," ujarnya saat mengisi acara Dialog Kebangsaan Mencari Pemimpin Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Diponegoro hari ini (25/11).

Anis mengibaratkan demokrasi di Indonesia ini seperti perkembangan teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi pada jaman dulu berupa telepon kuno yang penggunaannya dengan cara memutar nomor dan pager, berkembang menjadi handphone berukuran besar, dan sekarang sudah berupa smartphone

"Pengguna yang lahir pada masa beredarnya smartphone inilah yang dinamakan native IT," ujarnya. Ketika disodorkan handphone lawas, native IT ini akan membuka seluruh fitur yang ada, tapi akan jarang menggunakan fitur dasarnya, yaitu telepon dan SMS. Sebaliknya, bagi pengguna yang sudah tua, meski dibekali smartphone, penggunaannya akan berkisar pada fitur dasarnya.

Seperti halnya IT, penduduk yang lahir pada 1990-an bisa disebut sebagai native democracy. "Orang-orang yang hidup di zaman otoriter, hanya akan memakai fitur-fitur dasar demokrasi seperti pemilu," tandas Anis.

Dialog Kebangsaan tersebut diselenggarakan di Gedung Prof. Soedarto, SH. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung dan Mantan Penglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto sebagai pembicara, serta Direktur Eksekutif Political Tracking Institute Hanta Yuda sebagai moderator. (fafa, foto: undip.ac.id)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money