Endriartono Sebutkan Kriteria Pemimpin Masa Depan

Semarang - Mantan Penglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto menyebutkan lima kriteria pemimpin masa depan untuk Indonesia. Lima kriteria tersebut adalah visioner, memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, negarawan dan consensus builder, bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme dan berkarakter, serta adil, tegas, dan berani mengambil risiko.

Pernyataan tersebut disampaikan saat mengisi acara Dialog Kebangsaan Mencari Pemimpin Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Diponegoro hari ini (25/11).

Endriartono, yang juga salah satu peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, menyatakan bahwa demokrasi yang ada di Indonesia saat ini merupakan demokrasi formalitas.

"Yang ada di Indonesia sekarang ini merupakan demokrasi formalitas, bukan demokrasi substansial," ujarnya. "Demokrasi sekarang tidak dengan etika dan moral. Transaksional sudah menjadi hal biasa."

Dialog Kebangsaan tersebut diselenggarakan di Gedung Prof. Soedarto, SH. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta sebagai pembicara, serta Direktur Eksekutif Political Tracking Institute Hanta Yuda sebagai moderator. (fafa)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money