Tingkatkan Kepedulian dengan Adakan Buka Puasa Bersama Anak – Anak Jalanan

Semarang – Setelah mengadakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat di sekolah - sekolah dasar, kini Departemen Sosial Kemasyarakatan (Soskemas) Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang kembali berbagi dengan anak – anak yang kurang beruntung. Namun kali ini bersama anak – anak jalanan di yayasan Satoe Atap 1, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Agustus 2011 atau bertepatan dengan 6 Ramadhan 1432 H.

Suasana sebelum waktu berbuka puasa
Karena berada dalam suasana Bulan Ramadhan, maka kegiatan ini bertajuk Ramadhan On The Road, yaitu dengan serangkaian acara buka bersama. Sebelum acara buka bersama dengan anak – anak jalanan di sana, diadakan berbagai permainan – permainan untuk menghibur mereka sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Mereka, anak – anak jalanan, tampak senang dengan kedatangan para pengurus KAMMI Komfak Teknik. Dibuktikan dengan sambutan mereka saat pengurus KAMMI Komfak Teknik datang. Mereka menyambut para pengurus KAMMI Komfak Teknik dengan suka cita, meminta bersalaman dan bahkan beberapa yang masih kecil meminta gendong. Mereka yang berjumlah lebih dari 70 anak, yang berkisar usia balita hingga usia SMP, tampak aktif dan ekspresif mengikuti jalannya acara.

Demikian pula dengan seorang ibu, orang tua dari anak jalanan tersebut. “Alhamdulillah, terima kasih, kami merasa senang dengan kedatangan mbak-mbak, mas-mas dari Undip,” tutur salah seorang orang tua dari anak jalanan tersebut.
Keceriaan anak - anak jalanan

Menurut Hermawan, Ketua Departemen Soskemas KAMMI Komfak Teknik Undip, Satoe Atap 1 dipilih karena kita dapat sekaligus melihat keadaan adik – adik yang pada beberapa waktu yang lalu mengalami musibah yaitu kebakaran. “Sungguh sangat mengenaskan sebagaimana pada Bulan Ramadhan pasca kebakaran baru ada dua kali buka bersama semacam ini, padahal biasanya banyak pihak – pihak yang mengadakan buka bersama di sini,” tambah Hermawan.

Acara tersebut berjalan dengan lancar, sesuai dengan tujuan awal kedatangan, yaitu untuk meringankan hati adik – adik di Satoe Atap tersebut. Dan bagi para pengurus KAMMI Komfak Teknik diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian kader KAMMI dalam menanggapi masalah kemiskinan yang ada di lingkungan sekitar kita. (inung&fitri)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money